Besaran dan Satuan dalam Fisika || Pengertian dan Perbedaan

Fisikawanmuda.site - Di dalam Fisika maupun Matematika, dikenal dua istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi terdengar bagi kita. Kedua istilah yang dimaksud adalah "besaran" dan "satuan". Tahukah kalian apa perbedaan antara keduanya? Tenang saja kami akan membantu kalian agar dapat memahami perbedaannya.


Apa itu Besaran dan Satuan?

ilustrasi besaran dan satuan
Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan nilai [1]. Sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan nilai ini contohnya seperti, panjang, massa, kecepatan, waktu, sehingga dapat timbul pertanyaan-pertanyaan, berapa panjang meja? berapa massa bola? kecepatan angin hari ini berapa? berapa lama waktu bermain sepakbola? dan sebagainya. Seharusnya pertanyaan-pertanyaan ini mampu kalian jawab dengan mudah ya selama kalian memiliki satuan untuk menuliskan besaran-besaran ini. Tanpa adanya satuan pertanyaan-pertanyaan di atas tidak akan dapat kita jawab, karena satuan merupakan komponen yang penting dari sebuah besaran. Satuan adalah salah satu komponen besaran yang menjadi standar dari suatu besaran. Sebuah besaran tidak hanya memiliki satu satuan saja. Besaran panjang ada yang menggunakan inchi, meter, kilometer, kaki, mil, dan sebagainya. Untuk massa dapat menggunakan ton, kilogram, gram, pon, ons, dan sebagainya [2].

Kesimpulan

Kesimpulannya,  perbedaan dari besaran dan satuan ini sesungguhnya terletak pada nilainya. Besaran itu hanyalah sebuah nama, sedangkan satuan adalah ukuran nilai dari nama itu sendiri. Baca juga artikel tentang besaran pokok dan besaran turunan dalam fisika, agar kalian semakin banyak tahu tentang hal ini.

Bagaimana sobat, sudahkah kalian mengerti? Tinggalkan komentar di bawah ya jika kalian memiliki pertanyaan terkait yang masih mengganjal di hati.

Referensi :
[1] Jeroanayam. 2019. Buku Wangsit Spoiler UTBK SBMPTN 2020 Fisika. Wangsit Education: Serang.
[2] Sumartno, Joko. 2009. Fisika : Untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Post a Comment

0 Comments